span 1 span 2 span 3

6 Cara Menentukan Memilih Software Perusahaan yang Tepat Bagi Pabrik Tekstil

Memilih software yang tepat untuk pabrik tekstil perlu perhitungan yang matang. Banyak aspek penting yang harus dipertimbangkan sebelum memilih software-software tertentu. Untuk membantu Anda menemukan software terbaik, simak penjelasan mengenai cara menentukan memilih software perusahaan yang tepat bagi pabrik tekstil di bawah ini.

Apa itu Pabrik Tekstil?

Pabrik tekstil adalah jenis perusahaan manufaktur pertama sebelum munculnya beberapa anak perusahaan lainnya. Pabrik ini mengolah serat-serat kapas menjadi untaian benang yang nantinya akan membentuk berbagai jenis kain. Kain-kain ini kemudian akan diolah kembali menjadi baju, celana, dan lain-lain.

Pabrik tekstil mengolah bahan mentah menjadi barang jadi atau setengah jadi dalam jumlah yang besar. Oleh karena itu, membutuhkan bantuan teknologi untuk memperlancar proses pengolahan. Beberapa teknologi yang bisa digunakan yaitu alat produksi yang dibekali dengan software atau perangkat lunak yang dapat mengotomatisasi proses produksi.

Mengapa Pabrik Tekstil Memerlukan Software?

Pabrik tekstil memerlukan software untuk membantu mempermudah proses pengolahan produksi barang. Salah satu softwarenya yaitu Sistem Manufaktur. Dengan menggunakan Sistem Manufaktur, kegiatan produksi menjadi lebih efisien. Berikut adalah penjelasan lebih lengkap mengenai manfaat menggunakan software pada pabrik tekstil.

  • Pembelian bahan baku produksi bisa dilakukan dengan mudah dan akurat. Dengan begitu, perusahaan bisa terhindar dari pemborosan.

  • Penggunaan software bisa meningkatkan efisiensi produksi dan memberikan visibilitas yang baik untuk setiap aspek produksi. Contohnya seperti machine kiosk, Bill of Material, serta pembuatan work order dan manufacturing order.

  • Mempermudah proses monitoring keuangan perusahaan. Mulai dati cash-flow, pemasukan, pengeluaran, dan biaya-biaya lain. Pembuatan laporan penjualan juga dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

  • Membuat penawaran, invoice, dan sales order secara otomatis dengan bantuan template-tempate profesional.

Cara Memilih Software untuk Pabrik Tekstil

Berikut adalah beberapa cara menentukan memilih software perusahaan yang tepat bagi pabrik tekstil:

  1. Kebutuhan Bisnis

Aspek pertama yang perlu diperhatikan dalam pemilihan software yaitu kebutuhan bisnis. Kebutuhan bisnis untuk perusahaan skala kecil tentunya berbeda dengan perusahaan skala besar. Perusahaan besar memerlukan software yang mumpuni karena digunakan untuk melakukan pekerjaan yang sangat kompleks.

  1. Sistem Terintegrasi

Software dengtan sistem yang terintegrasi sangat disarankan untuk perusahaan tekstil berskala besar. Dengan bantuan software terintegrasi, komunikasi antar divisi di perusahaan bisa berjalan dengan lebih mudah. Proses kerja juga akan menjadi lebih efisien.

  1. Mudah Diakses

Sangat disarankan untuk menggunakan software yang mudah diakses. Sebagai contoh, Anda bisa mengakses software kapanpun dan dimanapun tanpa harus datang ke kantor. Hal ini bisa diwujudkan dengan menggunakan software berbasis cloud.

Untuk dapat mengakses software berbasis cloud, Anda hanya perlu memiliki gadget atau laptop yang terhubung pada jaringan internet. Dengan begitu, pemantauan kondisi perusahaan bisa dilakukan dengan mudah.

  1. Kustomisasi Sesuai dengan Kebutuhan

Software yang digunakan tentunya harus bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Hal ini penting karena dunia dan teknologi semakin berkembang, software pun harus mampu beradaptasi dengan kondisi yang sedang terjadi.

Software yang bisa dikustomisasi umumnya memiliki fitur yang sangat lengkap. Mungkin terdapat beberapa fitur yang saat ini belum bisa digunakan, tetapi akan sangat berguna di masa depan. Sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu software, pastikan kemampuannya untuk dikustomisasi terlebih dahulu.

  1. Keamanan Data

Cara menentukan memilih software perusahaan yang tepat bagi pabrik tekstil berikutnya yaitu memperhatikan aspek keamanan data. Keamanan data merupakan hal penting yang wajib diperhatikan. Tak jarang beberapa perusahaan lebih memilih software berbasis offline karena ragu pada aspek keamanannya. Di era teknologi yang semakin berkembang, terdapat software online yang tergolong lebih fleksibel. Software online memungkinkan pengaksesan data dimanapun dan kapanpun.

Pada dasarnya, setiap perusahaan software sudah menjamin kemanan data bagi para penggunanya. Data-data penting perusahaan akan disimpan denga naman dan tidak sembarang orang bisa mendapatkan akses terhadap data tersebut.

Untuk memastikan keamanannya, Anda bisa berkonsultasi dengan pihak penyedia software. Jangan mudah tergiur dengan software-software gratis yang tersebar di internet. Pastikan untuk memilih penyedia software yang terpercaya.

  1. Pelayanan Pelanggan yang Sigap

Apabila terjadi suatu permasalahan pada software yang digunakan, maka akan membutuhkan bantuan dari customer support atau pelayanan pelanggan. Pilih penyedia software dengan pelayanan pelanggan yang sigap.

Cara menguji apakah penyedia tersebut memiliki pelayanan pelanggan yang baik yaitu dengan menghubungi nomor yang tertera. Perhatikan bagaimana pelayanan dan respon yang diberikan kepada Anda. Semakin ramah dan sigap, maka bisa dipastikan penyedia tersebut memiliki pelayanan pelanggan yang baik.

Tingkatkan produktivitas dan efisiensi pabrik tekstil Anda dengan Soltius, penyedia solusi IT berbasis bisnis di Indonesia. Dengan pengalaman yang matang dan tim ahli yang berdedikasi, Soltius menyediakan layanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda.

Sekian penjelasan mengenai cara menentukan memilih software perusahaan yang tepat bagi pabrik tekstil. Memilih software untuk pabrik tekstil tidak semudah yang dibayangkan. Banyak aspek yang perlu dipertimbangkan agar mendapatkan software yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Other News

Apr 30, 2024
10 Fitur Rekomendasi Software Perkantoran yang Perlu Digunakan oleh Bidang Perho...
Apr 23, 2024
Kenali Apa itu Supply Chain Management untuk Perusahaan